Minggu, 17 Mei 2020

Devita Deris 01219039 UAS

Devita Deris Winanti
01219039
Manajemen B

UAS PENGANTAR BISNIS

1.
Pihak Internal
- Manajemen : menggunakan informasi akuntansi untuk mengevaluasi dan menganalisis kinerja dan posisi keuangan organisasi.
- Pemilik (Owner) : pemilik menginvestasikan modal untuk memulai dan menjalankan bisnis dengan tujuan utama untuk memperoleh laba.
Pihak Eksternal
a. Investor : pemakai informasi akuntansi yg aktual dan potensial.
b. Kreditor : individu atau lembaga keuangan yang biasanya meminjamkan dana dan mendapatkan penghasilan bunga atas pinjaman tersebut.
c. Pemasok (supplier) : individu atau organisasi bisnis yang biasanya menjual bahan mentah ke bisnis lain secara kredit.
d. Instansi pemerintah : informasi keuangan bisnis untuk tujuan mengenakan besaran pajak yang sesuai peraturan yg berlaku.
e. Masyarakat umum : pemakai informasi akuntansi perusahaan yg biasanya digunakan untuk kepentingan pendidikan, riset dan parameter
f. Pelanggan : mengetahui tentang posisi bisnis saat ini dan akan membuat penilaian tentang bisnis masa depan
g. Karyawan : mereka yang tidak memiliki campur tangan dalam manajemen inti bisnis

2.
a. Etika bisnis
cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.
b. CSR (Corporate Social Responsibility)
suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya), perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.
-Contoh Penerapan CSR
PT Campina Ice Cream Industri Tbk
PT Campina Ice Cream Industri Tbk merupakan produsen ice cream terbesar dinIndonesia yg berkomitmen membangun kepedulian lingkungan yg tinggi agar di masa depan generasi penerus bisa tetap menikmati  segarnya keasrian negeri Indonesia, dengan mengurangi pemanasan global, peduli terhadap kebersihan lingkungan & menuju Indonesia sehat.
Penerapan program CSR yg dilakukan oleh PT Campina Ice Cream Industri Tbk diantaranya :
a. Budidaya jamur tiram di Ngawi
b. Surabaya berseri - Green & clean
c. Kantin Vegan
d. Studi banding budidaya jamur di Tulungagung

3. a Ciri-ciri Badan Usaha/Perusahaan Perseorangan atau Individu :
- Relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
- Tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
- Tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi 
- Seluruh keuntungan dinikmati sendiri
- Sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
 Ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Persekutuan
A. Ciri-ciri Firma:
- Para sekutu aktif di dalam mengelola perusahaan.
- Tanggung jawab yang tidak terbatas atas segala resiko yang terjadi.
- Akan berakhir jika salah satu anggota mengundurkan diri atau  meninggal dunia.
B. Ciri-ciri CV sebagai berikut:
- Sulit untuk menarik modal yang telah disetor.
- Modal besar karena didirikan banyak pihak
- Mudah mendapatkan kridit pinjaman
- Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif
- Relatif mudah untuk didirikan
- Kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu
C. Ciri - ciri Perseroan Terbatas / PT / Korporasi / Korporat
- Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi
- Modal dan ukuran perusahaan besar
- Kelangsungan hidup perusahaan pt ada di tangan pemilik saham
- Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki bagian saham
- Kepemilikan mudah berpindah tangan
- Mudah mencari tenaga kerja untuk karyawan/pegawai
- Keuntungan dibagikan kepada pemilik modal/saham dalam bentuk dividen
- Kekuatan dewan direksi lebih besar daripada kekuatan pemegang saham
- Sulit untuk membubarkan pt
- Pajak berganda pada pajak penghasilan/pph dan pajak deviden

B.



Sumber :
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e2/Struktur_Organisasi_Faperta.jpg

4.
a. Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills)
Keterampilan Konseptual adalah kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi sebagai suatu entitas yang lengkap. Keterampilan Konseptual ini meliputi pemahaman tentang kerjasama setiap unit kerja dalam organisasi beserta pemahaman tentang ketergantungan satu unit kerja dengan unit kerja lainnya, perubahan pada suatu unit kerja juga akan mempengaruhi unit kerja atau bagian lainnya. Keterampilan ini meliputi pemahaman tentang hubungan antar institusi, industri dan masyarakat serta pemahaman tentang pengaruh faktor-faktor politik, sosial dan kondisi ekonomi suatu negara terhadap bisnis perusahaannya. Dengan pemahaman-pemahaman tersebut, seorang manajer tingkat tinggi atau Top Management dapat memahami kondisi bisnis secara keseluruhan dan mengambil tindakan yang tepat untuk kesuksesan organisasinya.
b. Keterampilan Berhubungan dengan Orang lain (Humanity Skills)
Keterampilan berhubungan dengan Orang lain atau Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. Keterampilan ini akan memungkinkan para manajer untuk menjadi pemimpin dan memotivasi karyawannya untuk mendapatkan prestasi kerja yang lebih baik. Selain itu, para Manajer juga harus dapat memanfaatkan potensi karyawannya secara efektif di perusahaan.
Komunikasi juga merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam Keterampilan ini. Komunikasi yang baik dan efektif akan memberikan dampak positif terhadap karir manajer yang bersangkutan dan juga dalam pencapain tujuan organisasi. Keterampilan berhubungan dengan orang lain atau Humanity Skill ini penting bagi semua tingkatan manajemen di suatu organisasi atau perusahaan. Keterampilan ini juga disebut sebagai Keterampilan Interpersonal (Antarpribadi) atau Human Skill (keterampilan kemanusiaan).
c. Keterampilan Teknis (Technical Skills)
Keterampilan Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin, mengoperasikan mesin, merakit komputer, membuat program komputer, menyiapkan pembukuan dan laporan keuangan, menjual produk, menciptakan lagu, memasak makanan dan lain sebagainya. Keterampilan Teknik ini merupakan keterampilan yang penting bagi manajer di tingkat pertama namun kurang penting atau tidak wajib untuk dimiliki oleh manajemen tingkat atas.
5. a. PERSEROAN COMANDITER (CV)
    b. PERUSAHAAN PERSEORANGAN
    c. PERSEROAN TERBATAS (PT)
    d. PERSEROAN TERBATAS (PT)

6. Di sekitar tempat tinggal saya terdapat penjual jus buah. Rasa dari jus tersebut segar dan tidak terlalu manis dari segi harga jus tersebut pun cukup terjangkau. Tempat penjualan di garasi rumah. Akan tetapi yang manjadi titik perhatian saya yaitu daya pembeli tidak terlalu ramai pengunjung karena lokasi penjualan yang kurang strategis & juga kurangnya promosi dari penjualan jus tersebut.



#bangganarotama

#narotamajaya

#thinksmart

#generasiemas

#suksesituaku

#pebisnismudanarotama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Etika BisnisContoh Keadilan dalam Bisnis

 Devita Deris W 01219039 Manajemen B Tugas Etika Bisnis Contoh Kasus Keadilan Terhadap Masyarakat Dalam Memperoleh Fasilitas Listrik Dari PT...